Marketing Plan

Berikut adalah Marketing Plan yang dapat ikuti untuk memasarkan usaha Tour & Travel Anda.

Sebelum Anda mempelajari Marketing Plan berikut, secara umum ada 3 jenis income atau pendapatan yang bisa mengantarkan Anda untuk mencapai impian atau goal Anda. Berikut ketiga jenis income tersebut:

  1. Active Income
    Untuk mendapatkan active income, Anda tentu harus aktif berjualan. Dengan kata lain, Anda harus siap menukar waktu Anda dengan uang, misalnya menjual sendiri secara langsung tiket, hotel, umroh, dan produk Tour & Travel lainnya kepada konsumen.
  2. Passive Income
    Passive income ini bisa disebut sebagai royalti atau penghasilan atas transaksi yang didapatkan walau kita tidak aktif menjual. Untuk mendapatkan jenis income yang satu ini, Anda harus mengedukasi dengan baik Agen baru Anda agar bisa melakukan penjualan tiket dengan lancar. Karena dari setiap penjualan tiket pesawatnya, tanpa mengurangi keuntungan Agen tersebut sebagai Distributor Anda akan mendapatkan 10% dari setiap keuntungan penjualan yang akan masuk secara langsung ke rekening virtual account OCBC NISP Anda.
  3. Massive Income
    Income yang satu ini bisa kita dapatkan ketika dengan sekali atau dua kali kerja bisa langsung mendapatkan penghasilan yang besar. Dari bisnis Tour & Travel, misalnya dengan menjual sistem keagenan, paket Tour, Umroh dengan sekali berangkat lebih dari 100 orang dan lain-lain, atau menjual produk-produk Tour & travel dengan profit besar.

Bagaimana cara Anda mendapatkannya?

Marketing Plan untuk Pemasaran secara Online:

  • Tentukan media sosial yang akan Anda gunakan sebagai media promosi. Kami sarankan menggunakan Facebook berhubung fiturnya yang paling lengkap jika dibandingkan media sosial lainnya. Selain Anda bisa mengupdate status dalam profil pribadi berhubungan dengan kegiatan promosi usaha Anda secara gratis, Anda juga dapat menggunakan fitur Facebook Ads untuk bentuk pengembangan yang lebih luas dari marketing campaign berbayar Anda.
  • Gunakan Chat Apps seperti BBM, WhatsApp dan Line sebagai media untuk melakukan follow up dan membangun hubungan yang baik dengan prospek dan customer. Dalam kasus tertentu, Chat Apps tersebut bisa juga Anda gunakan sebagai sarana promosi Anda.
  • Selain menggunakan profil Anda sebagai fasilitator bisnis Anda, website juga memegang peranan penting. Anda dapat menggunakan website tersebut sebagai portofolio usaha Anda, tempat meng-update informasi terbaru agar bisa diketahui secara luas market Anda. Khusus Distributor, calon Agen dan Distributor Anda bisa melakukan registrasi secara langsung via website Anda.
  • Berhubung Anda melakukan pemasaran secara online, tidak melakukan tatap muka secara langsung, Anda harus membangun yang namanya kepercayaan terlebih dahulu. Untuk kepercayaan sendiri itu dibangun bukan muncul secara tiba-tiba. Cara terbaik untuk membangun kepercayaan adalah mengumpulkan bukti dan testimoni. Tentunya yang valid dan autentik. Sebagai start awal, Anda bisa melakukan promosi terlebih dahulu kepada keluarga, teman dekat, atau rekan kerja. Cari dulu calon pelanggan dari lingkaran sosial terkecil Anda, dimana sudah ada kepercayaan yang terbangun lebih dahulu dengan Anda. Yang mana mereka tidak akan mungkin berpikir bahwa Anda itu hendak menipu mereka. Setelah berhasil, tugas Anda adalah mengumpulkan semua bukti dalam bentuk dokumentasi pembelian tiket pesawat mereka, bukti transfer, dan terlebih Anda bisa menandai mereka (tag) dalam status Anda jika promosi dilakukan menggunakan Facebook. Hal tersebut dapat meningkatkan nilai autentisitas keabsahan promosi Anda. Secara tidak langsung Anda akan menyampaikan pesan bahwa usaha Anda ini memang benar-benar berjalan dan bisa dipercaya.
  • Kumpulkan semua bukti-bukti tersebut lebih banyak lagi sebagai persiapan Anda memasuki market atau calon pelanggan yang sama sekali belum Anda kenal. Setelah itu Anda bisa mulai menambahkan teman atau calon pelanggan baru yang belum Anda kenal melalui Facebook yang sekiranya mungkin membutuhkan jasa di dalam usaha Anda yang bisa Anda ukur dari misalnya latar belakang umur dan pekerjaan yang bisa dilihat lengkap melalui Facebook.
  • Setelah usaha Anda sudah cukup dikenal oleh market Anda, sudah merupakan saat yang tepat bagi Anda untuk bisa mulai mempromosikan peluang usaha ini (keagenan) kepada orang yang tertarik untuk itu. Promosi bisa Anda lakukan dengan cara membagikan gambar-gambar promo dan penjelasan usaha yang mana Anda akan dapatkan nantinya dari Kami berupa marketing kit yang bisa tinggal Anda gunakan saja tanpa harus memerlukan kemampuan desain yang mumpuni.
  • Anda akan kami tuntun bagaimana membuat status promosi yang baik, yang ditunjang dengan marketing kit yang kami berikan agar promosi Anda lebih maksimal.
  • Pada tahap ini, Anda bisa melakukan pengulangan. Dengan semakin banyaknya Cabang (agen/distributor) yang Anda miliki, kepercayaan orang lain kepada Anda akan semakin meningkat. Anda bisa menggunakan dasar tersebut untuk bisa mulai membuat event baik itu seminar maupun workshop dengan tema kewirausahaan dimana momentum ini merupakan momentum terbaik untuk mendapatkan Agen dan Distributor baru secara masal (omset ratusan juta bisa didapat dalam beberapa jam).
  • Pada tahap terakhir ini Anda tinggal membuat pengulangan. Semakin banyak Agen baru yang Anda miliki baik yang dibuka di daerah Anda maupun daerah lain, maka semakin besar passive income (peternakan uang) yang Anda dapatkan tanpa bekerja untuk investasi jangka panjang dengan goal time & financial freedom.

Marketing Plan untuk Pemasaran secara Offline:

  • Anda bisa mulai dengan menyewa ruko untuk menjadi kantor usaha Anda. Jika Anda saat ini masih memiliki budget yang minim, Anda bisa memulainya dari teras rumah Anda.
  • Jika Anda ingin membuka kantor, carilah lokasi yang strategis yang mudah dijangkau oleh publik.
  • Siapkan fasilitas penunjang Anda. Minimal Komputer/Laptop, koneksi internet dan printer untuk mencetak tiket.
  • Cetak banner untuk usaha Anda. Bisa dalam bentuk poster maupun X-banner. Sebagai Agen maupun Distributor, Anda akan mendapatkan desainnya dari kami.
  • Untuk awal pembukaan, Anda bisa membuat semacam event peresmian untuk mengundang perhatian masa.
  • Pasang umbul-umbul disepanjang jalan dengan persetujuan aparat pemerintahan setempat.
  • Bagikan brosur disetiap kesempatan.
  • Jika memiliki budget lebih Anda bisa memanfaatkan promosi juga melalui koran maupun radio.
  • Setelah usaha Anda telah berjalan, Anda bisa mulai melakukan penetrasi untuk membuka kesempatan bagi orang lain untuk bisa membuka juga usaha serupa. Tentunya dengan syarat harus berbeda lokasi atau wilayah dengan tempat usaha Anda. Selain mendapatkan keuntungan tambahan dari biaya pendaftaran mereka, semakin banyak Agen Anda, semakin besar passive income yang Anda dapatkan (khusus Distributor). Penetrasi dapat dilakukan dengan membuat event seminar, workshop, talkshow melalui radio maupun iklan baris pada koran.
  • Jika saat ini posisi Anda masih sebagai Agen, gunakan keuntungan yang Anda dapatkan untuk segera upgrade untuk menjadi Distributor untuk mendapatkan pola keuntungan yang lebih maksimal.

Selain 2 metode tersebut Anda juga bisa menggunakan metode hybrid yaitu penggabungan antara metode pemasaran secara online maupun offline untuk memperbesar omset bisnis Anda.

Tips Membangun Networking Bisnis

  • Agar bisnis lebih maju, kita harus mencari teman atau relasi sebanyak mungkin. Pasalnya, No Networking = Not Working. You’re Not Working Unless You’re Networking!
  • Berikut 7 langkah mudah membangun networking:
  1. Buat Kartu Nama
    Kartu nama bisa menjadi proposal mini bisnis kita. Maka, sebaiknya data yang ditulis pada kartu nama lengkap, misalnya nama, alamat kantor, nomor kontak, seperti nomor HP, PIN BBM, dan nomor WhatsApp, serta alamat website, bahkan kalau perlu dilengkapi dengan foto. Manfaatkan juga halaman belakang kartu nama Anda untuk logo-logo perusahaan besar yang mendukung kegiatan Anda. Cara ini dapat meningkatkan value usaha Anda. Anda bisa juga mencantumkan jenis-jenis produk atau jasa yang hendak Anda tawarkan pada kartu Anda.
  2. Aktif Berkenalan di Mana Saja
    Mulailah aktif duluan menyapa dimanapun, misalnya saat naik pesawat, naik angkutan umum, atau mengunjungi tempat lainnya. Cara memulai percakapan bisa dengan pertayaan sederhana, misalnya “Mau kemana Pak? atau “Mau ke Jakarta ya?”, baru kemudian bisa dilanjutkan dengan tema berikutnya dan saling bertukar nomor kontak atau kartu nama.
  3. Ikut Organisasi/Komunitas/Member Club
    Sebaiknya ikutlah organisasi yang sesuai hobi kita atau memang bagus dan mendukung kegiatan usaha kita. Dalam hal ini misalnya komunitas traveling karena sudah tentu berisi orang-orang yang suka berjalan-jalan dan pastinya membutuhkan orang seperti Anda sebagai pebisnis Tour & Travel. Meski begitu, bukan berarti menjadi member club fitness center atau klub olahraga tidak penting dan tidak mendukung usaha Anda. Tempat-tempat seperti itu justru biasanya menjadi ajang berkumpul para pebisnis yang tentu dalam kesehariannya tak lepas dari mobilitas yang ujung-ujungnya alat transportasi. Bagus pula jika Anda bergabung dengan organisasi sosial. Buat hubungan baik dengan orang-orang yang berpengaruh seperti ustad, atau pemuka Agama sebagai contohnya sebagai fasilitator simbiosis mutualisme untuk usaha Anda. Anda akan lebih mudah memperkenalkan sesuatu kepada komunitas yang baru jika Anda sudah terlebih dahulu membangun hubungan yang baik dengan orang yang mereka segani (teknik endorsement).
  4. Media Sosial
    Media sosial adalah salah satu cara mudah dan cepat untuk menambah teman di dunia maya, yang tak jarang berujung di dunia real. Buat profil di media sosial kita, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan yang sejenisnya semenarik mungkin. Gunakan identitas asli selengkap-lengkapnya, tampilkan gambar sampul yang elegan. Jangan terlalu sering mengupload status promo di media sosial Anda, selingi juga dengan status motivasi atau informasi yang menarik, misalnya seputar tempat wisata, kuliner, gaya hidup, dan lain-lain.
  5. Milis & Forum di Dunia Maya
    Ketika kita sudah tergabung di milis atau forum, efek promosi yang kita lakukan biasanya akan berefek multiple. Sekali promo, semua anggota yang ada di forum tersebut bisa mengetahuinya. Tak hanya itu, antar sesama anggota biasanya sudah terbangun kedekatan kareka memiliki misi yang sama.
  6. Hadiri Undangan-Undangan
    Hadirilah undangan reuni, ulang tahun, pernikahan, acara komunitas, dan undangan-undangan lainnya. Dalam acara-acara seperti itu, kita bisa mendapatkan kesempatan bertemu dengan teman-teman lama atau teman-teman baru dari kenalan teman kita.
  7. Hadiri Acara Launching, Grand Opening, dan Acara Sejenis
    Cara tahu info seputar launching dan grand opening suatu perusahaan, misalnya perusahaan mobil, properti, dan lain sebagainya. Mereka biasanya akan menginformasikan acara-acara seperti itu di media massa seperti majalah dan koran. Umumnya yang datang ke acara tersebut berasal dari kalangan menengah ke atas, yang hampir bisa dipastikan kerap melakukan perjalanan-perjalanan, entah menyangkut bisnis maupun pribadi. Berlanggananlah beberapa koran, offline atau online, untuk mendapatkan informasi seputar acara-acara seperti itu dengan lebih update.

Kembali ke halaman depan AGENTRAVEL.ID dan daftar jadi Agen Resmi Rp. 3̶.̶7̶5̶0̶.̶0̶0̶0̶,- Harga Promo Rp. 500.000,-